Kamis, 20 Juni 2013

Pengertian Bumi dan stuktur bumi


11.       Bumi
Bumi terbentuk sekitar 4,6 miliar tahun yang lalu. Bumi merupakan planet ketiga dalam sistem tata surya. Letak yang tidak terlalu dekat dengan matahari mengakibatkan rata-rata suhu Bumi berkisar antara -88-57 derajat celcius.
Bukti bahwa bumi bulat antara lain adalah sebagai berikut :
a.       Pada tanggal 20 september 1519 seorang pelaut Portugal bernama Ferdinand Me=agella berlayar mengarugi samudra berkeliling dunia. Pelayarannya dimuali tahun 1519 dan berakhir pada tahun 1522. Mereka percaya jika kapal berlayar terus ke arah barat, maka dia akan kembali ke tempat semula. Pada pelayaran tersebut satu dari lima kapal yang digunakkan kembali ketempat semula. Hal ini menandakan bahwa bumi bulat.
b.      Bukti lain adalah jika kita mengamati perahu layar dari tepi pantai, maka sebelum kita melihat seluruh bagian kapal laut, mula-mula kita lihat dalah bagian tiang perahu disusul bagian depan perahu dan akhirnya kita akan melihat seluruh bagian perahu. Jika bentuk bumi datar , maka kita tidak dapat melihat secara langsungf seluruh bagian perahu layar.
                   


                 I.            Stuktur bumi
a.       Kerak bumi
                Kerak bumi merupakan bagian luar dari Bumi ( permuakaan bumi). Tebal lapisan kerak bumi mencapai 70 km dan merupakan lapisan batuan yang terdiri dari batu-batu basa dan masam. Suhu dibawah kerak bumi mencapai 1.100 derajat celcius.
b.      Selimut atau selubung (mantle)
                Selimut bumi merupakan lapisan yang terletak di bawah lapisan kerak bumi. Tebal selimut bumi mencapai 2.900 km, dan merupakan lapisan batuan padat. Suhu dibagian bawah selimut bumi mencapai 3.00 derajat celcius.
c.       Inti bumi (core)
                Inti bumi terdiri dari material cair dengan penyusun utama logam besi 90% , nikel 8% dan lain-lain yg terdapat pada kedalaman 2.900 – 5.200 km. Lapisan ini dibedakan menjadi dua yaitu lapisan inti luar dan lapisan inti dalam. Lapisan inti luar tebalnya 2.00 km dan terdiri dari besi cair yg suhunya mencapai 2.200 derajat celcius. Inti dalam merupakan pusat bumi berbentuk bola dengan diameter 2.700 km. Inti
dalam ini terdiri dari nikel dan besi yang suhunya mencapai 4.500 derajat celciu.
\jat celcius

Tidak ada komentar:

Posting Komentar